Pertolongan Pertama Saat Menemukan Kebocoran Air di Dapur Leave a comment

Suara tetesan air yang berasal dari dapur seakan menjadi mimpi buruk bukan? Selain dapat memicu genangan air yang kotor, juga dapat menimbulkan bau yang tak sedap jika dibiarkan. Agar aktivitas memasak Anda tidak terganggu, gunakan pertolongan pertama ini untuk menemukan kebocoran air yang ada dalam dapur ;

Temukan Sumbernya

Pertama, temukan sumber kebocorannya terlebih dahulu sebelum mencoba memperbaikinya. Jika terdengar tetesan air di wastafel maka bisa dipastikan kran air yang bermasalah.

Sedangkan jika di bawah wastafel terdapat genangan atau lembap, maka ada kemungkinan saluran pembuangan air tersumbat oleh kotoran-kotoran yang terbuang saat mencuci peralatan dapur. Selain itu, tembok yang terlihat lembap bahkan berjamur juga menjadi indikasi kebocoran pipa yang terjadi di dalam tembok.

Menangani Kran Bocor

Setelah beberapa lama digunakan kran di dapur dapat mengalami kebocoran. Walau keran sudah dimatikan, air tetap saja merembes ke luar atau menetes. Hal ini bisa disebabkan kerusakan pada keran itu sendiri atau adanya kebocoran pada bagian sambungan antara pipa air dan keran. Jika kondisi keran masih bagus, maka kemungkinan gangguan terjadi pada sambungan pipa air dan keran.

Lakukan pertolongan pertama dengan mematikan sumber air terlebih dahulu, lalu lepaskan keran dengan putaran berlawanan arah jarum jam. Kemudian lilitkan isolatif pipa pada drat keran minimal dua kali lilitan dan upayakan hasilnya merata. Terakhir, pasang kembali keran dengan memutarnya searah jarum jam lalu kencangkan dengan kunci pipa atau kunci pas.

Pipa Wastafel yang Tersumbat

Sering membuang sisa makanan dan sampah lainnya ke dalam wastafel atau tidak memasang saringan pada saluran wastafel dapat mengakibatkan sumbatan pada saluran pembuangan. Akibatnya, bukan hanya wastafel jadi sering tergenang, aliran ke pembuangan yang kurang lancar, hingga menyebabkan bau tak sedap dan bocor.

Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengecek dan membersihkan saluran pipa dengan cara mengeluarkan sisa makanan. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan pembersih baik kimia maupun alami yang akan menghilangkan sumbatan dengan sendirinya.

Sambungan yang Longgar

Keran dan saluran pembuangan juga bisa mengalami kebocoran jika ada sambungan yang longgar. Apalagi jika ada bagian yang terbuat dari logam yang rentan mengalami korosi atau karat. Jika hal ini terjadi, cukup kencangkan dengan menggunakan kunci pas. Selain itu, jika kondisi logam sudah rusak, ini waktunya untuk menggantinya dengan yang baru.

Dapur yang bocor tentunya membuat aktivitas Anda selama di dapur jadi terganggu. Untuk mengatasi hal-hal ini terjadi kembali di kemudian hari, selalu bersihkan saluran pembuangan air dan segera lakukan perbaikan jika ada air yang merembes. Pastikan menggunakan pipa air terbaik seperti pipa PVC atau pipa HDPE untuk mengalirkan air bersih atau saluran pembuangan. Pipa HDPE sendiri lebih sering digunakan untuk proyek PDAM, perairan, dan irigasi. 

Khusus untuk pipa yang digunakan instalasi dapur, mungkin Anda cukup menggunakan pipa berukuran standar rumahan sebagai pilihan yang tepat karena digunakan untuk sistem air bersih dan buangan di rumah. Pilihlah harga pipa yang lebih terjangkau namun tapi tetap menawarkan kualitas untuk membuat instalasi air yang lebih awet. Mungkin pipa berbahan polimer akan lebih kuat, ringan, dan tahan terhadap korosi sehingga dapat menjadi refrensi terbaik.

Terimakasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat yah dan mampu mengatasi kebocoran air di dapur Anda. Jika Anda membutuhkan wastafel stainless steel dengan pilihan desain dan sistem kran beragam, jangan lupa untuk menghubungi Jaya Stainless. Kami juga siap memproduksi wastafel stainlessgrease trap (perangkap lemak pada saluran air), tutup selokan dapur dan produk lainnya yang Anda inginkan dengan material stainless steel yang sudah pasti dijamin asli dan dengan desain yang Anda inginkan jika desain yang kami produksi kurang sesuai dengan kainginan.

* Kunjungi situs kami di Jaya Stainless untuk melihat lebih banyak produk, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *